Muhammad Oryza Nurfajri

Hidup Itu Bermanfaat

Rahasia ayam berkokok dimalam hari

“Dengan gelisah roro jonggrang menyuruh orang-orang membunyikan tumbukan padi sehingga ayam berpikir sekarang sudah pagi dan ayam pun berkokok..” itulah petikan dari cerita rakyat Raden Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang, namun apa iya ayam berkokok dikarenakan melihat matahari? atau karena sang ayam sudah mendengarkan aktivitas manusia yang biasa dilakukan menjelang terbit matahari?

Mari kita intermezo sebentar, penulis sering sekali mendengar ayam yang berkokok diwaktu malam bahkan sangat jauh dari waktu terbit matahari, bahkan waktu tersering mendengar ayam berkokok kira-kira pukul 03.00 pagi sampai menjelang adzan subuh sekitar 04.30. Ini berarti membuktikan bahwa kemampuan dari sang ayam telah diputar balikkan oleh banyak orang. Di tivi kita melihat kartun, saat pagi ayam baru berkokok, dinovel-novel, dibuku-buku bergambar semua sama sedangkan kenyataannya sangat berbeda. Lalu apa yang menyebabkan ayam berkokok?

Mari kita pelajari  hadits Rasulullah ini

إِذَا سَمِعْتُمْ صِيَاحَ الدِّيَكَةِ، فَاسْأَلُوا اللهَ مِنْ فَضْلِهِ، فَإِنَّهَا رَأَتْ مَلكًا وَإِذَا سَمِعْتُمْ نَهِيقَ الْحِمَارِ، فَتَعَوَّذُوا بِاللهِ مِنْ الشَّيْطَانِ، فَإِنَّهُ رَأَى شَيْطَانًا

“Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat, sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari Setan karena dia melihat setan.” (Shahih, diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

kemudian hadits yang berkaitan juga

إِذَا سَمِعْتُمْ نُبَاحَ الْكِلاَبِ وَنَهِيْقَ الْحَمِيْرِ بِاللَّيْلِ فَتَعَوَّذُوْا بِاللهِ مِنْهُنَّ فَإِنَّهُنَّ يَرَيْنَ مَا لاَ تَرَوْنَ

Apabila kamu mendengar anjing menggonggong dan mendengar keledai meringkik mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya mereka melihat apa yang tidak kamu lihat.  HR. Abu Dawud dan Ahmad

Kedua hadits di atas shahih karena dirawikan oleh orang-orang yang dalam ilmu hadits memiliki ingatan yang kuat, dengan adanya kedua hadits ini, kita dapat menyatukan dengan kejadian sekitar kita. Penulis menjelaskan diawal bahwa penulis sering mendengarkan ayam pada waktu antara pukul 03.00 – 04.30 yang tidak lain adalah waktu yang disunnahkan untuk shalat malam/tahajud. Saat pagi hari saat terbitnya matahari juga banyak terdengar ayam berkokok, namun bukan karena mataharinya, melainkan melihat para malaikat yang sedang sibuk membagikan rizky dari Allah untuk semua makhluknya setiap hari.

Hadist tersebut juga telah dibuktikan dengan penelitian secara ilmiah dan menghasilkan hasil yang mengejutkan

Sebuah penelitian mengungkapkan bila keledai itu dapat melihat dengan sinar infra merah, sedangkan setan sendiri berasal dari jin yang diciptakan dari api. Artinya, setan termasuk dalam lingkup infra merah. Karena itulah, keledai dapat melihat setan, tetapi tidak bisa melihat malaikat. Adapun ayam jantan, ia mampu melihat sinar ultraviolet, sedangkan malaikat diciptakan dari cahaya, artinya dari sinar ultraviolet. Karena itulah, malaikat dapat dilihat oleh ayam jantan.(sumber :http://www.bagikisah.com/)

Subhanallah, Maha Benar Allah dengan segala firmanNya :) . Orang yang tidak beriman akan mengetawakan bahkan menghina hadits ini karena dinilai sesuatu yang bodoh dan aneh didengar, namun Allah tidak pernah berbohong. Cerita lain dari website yang spenulis kunjungi untuk mempelajari fenomena ini dan menemukan ada seorang siswan yang membuktikan hadist tersebut.

Saat saya kelas XII SMA, OSIS kami sedang melaksanakan kegiatan LDKS, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, untuk calon-calon pengurus OSIS penerus kami. Sampai masuk pada sesi acara JJM atau Jalan-Jalan Malam. Saya dan 3 orang teman saya bertugas menjaga di pos 3, pos renungan. Disesuaikan dengan namanya, tempatnya pun dicari yang benar-benar kondusif untuk renungan. Dan didapatlah tempat di sebuah lapangan yang gelap dan jauh dari rumah penduduk, di dekatnya ada kerbau yang diikat.

Sambil menunggu peserta yang belum datang, kami ngobrol-ngobrol untuk mengisi waktu. Dengan hanya bermodalkan penerangan dari HP, kami berusaha menyamankan diri di tempat itu. Salah seorang teman punya ide untuk menyetel lagu-lagu dari Hpnya, yang ternyata lagu-lagu kesukaannya, L’Arc~en~Ciel yang notabene nge-Rock sangat. Saya dan teman-teman yang lain berusaha memaklumi saja.

Beberapa menit lagu disetel, terdengar sesuatu yang tidak biasa menurut kami. Apakah itu? Tunggu posting berikutnya…lho? Nggak, bercanda..kita lanjut. Suara itu adalah suara lolongan anjing. Ya, anjing. Tidak hanya sekali tapi berkali-kali dan tidak berhenti. Jelas dari suaranya anjingnya lebih dari satu. Silakan dibayangkan jika anda berada di tempat yang sama. Nuansa horornya sangat terasa.

Kami mengucap lafadz taawudz. Namun suara lolongan anjing itu tidak berhenti. Lalu temanku yang lain punya ide supaya kita muroja’ah dengan mp3 murottal dari HP. Tidak begitu lama setelah kami selesai membaca surat Al-Ghosiyah, seketika suara lolongan anjing tersebut HILANG dan berganti menjadi……suara kokok ayam yang saling bersahutan dari arah yang berbeda dengan suara anjing tadi.

Subhanallah, kami ucapkan berkali-kali. Musik yang kami setel sebelumnya diperkirakan mengundang “makhluk-makhluk yang tidak dapat dilihat itu”, sehingga anjing-anjing melolong. Dan, dengan dilantunkannya ayat-ayat Al Qur’an, telah mengundang para malaikat untuk datang, ikut mendoakan hamba-hamba-Nya yang senantiasa memuji kepada-Nya. Baru kali ini kami, terutama saya mengalami kejadian yang benar-benar terbukti dari hadits.(sumber:http://s4iga.wordpress.com)

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua :)

Best Regard

Oryzaee

Categories: Cerita Inspiratif