Berbagi Artikel Islam

Hidup Itu Bermanfaat

Ringan di lisan, berat di timbangan

Sesuatu yang sangat ringan di ucapkan, namun berat di timbangan, jika diartikan secara harfiah maka hal itu tidak akan bertemu karena tidak ada suatu benda yang bisa diucapkan, atau suatu ucapan yang bisa ditimbang, bukan? lalu apa perihal yang dimaksud ini? Mari kita simak penjelasan berikut ini untuk membuat pahala kita lebih banyak tanpa harus bersusah payah menjalaninya. Sesuatu yang mudah di katakan namun berat ditimbangan adalah dzikir memuji Allah sebagai Sang Pecipta alam semesta, namun apakah semua dzikir itu mudah diucapkan dan dijamin Allah mendapatkan balasan yang berat saat hari penimbangan?wallahu alam, namun Nabi kita SAW menjelaskan salah satu dzikir yang pasti akan dibalas dengan berat di hari timbangan, berikut haditsnya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada dua buah kalimat yang ringan di lisan namun berat di dalam timbangan, dan keduanya dicintai oleh ar-Rahman, yaitu ‘Subhanallahi wabihamdihi, subhanallahil ‘azhim’.” (HR. Bukhari [7573] dan Muslim [2694])

Apa arti dari Subhanallahi wa bihamdihi, subhanallahil ‘azhim ?

Subhanallahi wa bihamdihi : Maha suci Allah dengan memuji-Nya

Subhanallahil ‘azhim : Maha suci Allah yang maha agung

Subhanallahi Wabihamdih
Makna ucapan subhanallah –Maha suci Allah- adalah; anda menyucikan Allah ta’ala dari segala aib dan kekurangan dan anda menyatakan bahwa Allah Maha sempurna dari segala sisi. Hal itu diiringi dengan pujian kepada Allah –wabihamdih– yang menunjukkan kesempurnaan karunia dan kebaikan yang dilimpahkan-Nya kepada makhluk serta kesempurnaan hikmah dan ilmu-Nya (lihat Syarh Riyadh as-Shalihin li Ibni Utsaimin, 3/446)

Subhanallahil ‘Azhim
Makna ucapan ini adalah tidak ada sesuatu yang lebih agung dan berkuasa melebihi kekuasaan Allah ta’ala dan tidak ada yang lebih tinggi kedudukannya daripada-Nya, tidak ada yang lebih dalam ilmunya daripada-Nya. Maka Allah ta’ala itu Maha agung dengan dzat dan sifat-sifat-Nya (lihat Syarh Riyadh as-Shalihin li Ibni Utsaimin, 3/446).

Sekian hadits dari Rasulullah yang menjanjikan timbangan berat bagi setiap ucapan dari lisan kita yang sangat ringan untuk di ucapkan, daripada membuat waktu yang masih diberikan kepada kita, akan lebih baik digunakan untuk memperberat timbangan akhirat kita. 🙂

Best Regard

Oryzaee

Reference :

http://muslim.or.id/doa-dan-wirid/ringan-di-lisan-berat-di-timbangan.html

Categories: Islamology